Botol yang “Menangkap” Air

Posted on Posted in blog

Tukang-Jalan.com®  –  FONTUS merancang system untuk membuat para pesepeda dan pendaki tetap terhidrasi di alam bebas. Perusahaan ini mengembangkan botol yang dapat mengisi air secara otomatis dari kelembaban udara. Teknologi bertenaga surya ini “memanen” air denganPeltier Element, dua tabung pendingin yang didesain untuk merangsang kondensasi. Seiring dengan bergeraknya udara pada tabung atas, alirannya diperlambat dengan sejumlah penghambat. Berkurangnya kecepatan udara memungkinkan dilepaskannya molekul air dalam udara dan menyimpannya di dalam botol.

Dehidrasi tentu saja berakibat fatal bagi mereka yagn melakukan kegiatan fisik secara ekstrem, apalagi ketika udara begitu panas. Kristof dan Pontus mengatakan, tujuan akhirnya adalah menciptakan perangkat yagn kecil dan kompak utnuk menyerap kelembaban udara dan memisahkan molekul airnya.

Setelah 30 eskperimen, Fontus berhasil menstabilkan output-nya: satu tetes air hasil kondensasi per menitnya. Dalam kondisi yang kondusif, alat ini dapat memanen kira-kira setengah liter air dalam satu jam. Meskipun pencapaian ini menggembirakan, aalt ini tidak cocok untuk digunakan pada suhu udara yang panas. Alat ini juga tidak efektif di area urban yang udaranya sudah tercemar beragam polutan.

Fontus mengembangkan dua botol yang berbeda: Airo untuk pendaki dan Ryde untuk pesepeda. Pengembangan teknologi ini barangkali dapat menjadi salah satu solusi atas persoalan esensial, kelangkaan air. Lebih jauh, ini juga dapat menjadi strategi adapatasi atas perubahan iklim.[*/NOV]

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *